Desain Rumah Minimalis Type 45 diatas Lahan 84 m2

desain rumah minimalis type 45

Desain Rumah Minimalis Type 45 - Rumah minimalis kali ini saya desain diatas lahan tanah 84 meter persegi atau dengan ukuran tanah 7 meter X 12 meter.

Type 45 sangat sering dipakai oleh para pengembang perumahan dengan sebutan rumah type 45/84, adapula dengan sebutan type 45/90 yang berarti bangunan tersebut diatas lahan tanah 90 meter persegi.

Sangat pas untuk Anda yang ingin membangun rumah minimalis diatas lahan tanah dengan ukuran 7 X 12 meter atau sejenisnya yang berjumlah 84 meter persegi.

Anda bisa menggunakan desain rumah minimalis tersebut jika Anda berminat dan terkadang type ini juga digunakan dibeberapa perumahan oleh para pengembang disekitar kita diatas tanah berukuran 10 X 20 meter persegi.

Selain untuk pribadi bisa juga untuk investasi yang menjanjikan bagi Anda kedepannya, karena harga sebuah rumah semakin tahun semakin naik.

desain rumah minimalis type 45 final
 

Kenapa disebut desain rumah minimalis Type 45?


Disebut demikian karena jumlah luas dari bangunan rumah tersebut berjumlah 45 meter persegi. Mungkin sebagian besar agan-agan juga sudah mengetahuinya atau Anda dapat mencari berbagai penjelasan lebih detail lagi mengenai rumah melalui situs wikipedia. :)

Pada desain kali ini masih sama menggunakan konsep desain minimalis yang mungkin dapat membantu Anda yang sedang mencari ide tentang sebuah desain untuk rumah impian Anda serta keluarga.

Dapat kita lihat pada contoh gambar yang sudah saya letakkan paling atas pada postingan kali ini, sungguh sangat terlihat minimalis dan pada halaman depan masih ada ruang untuk meletakkan mobil kesayangan Anda.

Dan pada bagian samping kiri juga masih ada ruang untuk meletakkan tanaman hias bagi Anda yang suka merawat berbagai macam tanaman hias maupun aneka bunga.

Sekarang kita masuk pada pembahasan bagian dalam rumah minimalis type 45 tersebut, berikut gambar denahnya:
denah desain rumah minimalis type 45

Untuk desain rumah minimalis type 45 tersebut saya desain tidak memiliki jendela pada samping kanan dan kiri karena sudah tidak ada lahan tanah yang tersisa.

Dan Anda tidak perlu khawatir untuk masalah air yang jatuh dari atap apabila hujan turun, karena sudah didesain sedemikian rupa agar permasalahan tersebut teratasi dan tidak mengganggu tetangga sebelah Anda.

Rumah minimalis type 45 tersebut memiliki 2 ruang tidur, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan juga dapur. Berikut saya uraikan satu persatu secara singkat.

RUANG TIDUR


Untuk desain rumah type 45 sudah dikenal dikalangan umum hanya memiliki 2 ruang tidur, dan kali ini saya desain hanya memiliki luas 3 meter x 3 meter setiap ruangnya.

Ruang tidur didepan untuk Anda sebagai kepala keluarga dan ruang tidur belakang tepat berhadapan yang tentunya untuk anggota keluarga tercinta.

Dan rumah tersebut saya rasa cocok bagi Anda yang hanya memiliki satu hingga dua orang anak saja, karena dalam satu ruang tidur tersebut hanya cukup untuk menampung dua orang.

Apabila Anggota keluarga Anda lebih dari 3 orang maka saya sarankan membangun rumah dengan 3 ruang tidur seperti pada artikel Desain Rumah Minimalis 3 Kamar yang sudah saya sertakan dengan file gambar kerjanya.

WC/KM


Tepat berada diantara 2 ruang tidur, bisa dibilang WC/KM bersama dengan memiliki luas ruangan 2 meter x 1,5 meter.

Dan luas ruangan tersebut tentunya juga sudah cukup sebagai tempat mandi dan membuang hajat.

Saya sarankan pula untuk selalu membersihkan ruangan tersebut karena letaknya yang tepat berada didepan ruang tidur Anda dan keluarga, kalau perlu selalu sediakan juga pengharum WC/KM.

RUANG TAMU DAN KELUARGA


Untuk ruang tamu memiliki luas 3 meter x 3 meter, tepat bersebelahan dengan ruang keluarga.

Dinding pemisah pada dua ruangan tersebut dapat dihilangkan apabila Anda ingin menggabungnya saja, silahkan lihat pada gambar denah diatas.

Dan dapat Anda siasati pula hanya dengan meletakkan sebuah lemari partisi minimalis yang pas untuk menampung segala macam koleksi barang kesukaan Anda dan keluarga.

Berbagai desain menarik serta detail luas setiap ruangan dapat Anda pilih dan tentukan dengan mudah dengan cara mengumpulkan berbagai detail ruangan dengan berbagai macam desainnya.

Anda dapat pula menerapkan seperti pada tulisan saya Cara Mendapatkan Ide Desain Rumah apabila masih bingung. Sekiranya dapat lebih memudahkan apabila Anda sudah mengumpulkan pula berbagai macam detail luas setiap ruangan yang Anda inginkan.

DAPUR DAN RUANG MAKAN


Pada desain rumah minimalis sederhana ini sangat terlihat jelas kalau ruang makan dan dapur tempat istri Anda memasak sangatlah sederhana dan menyatu dengan total luas 3,75 meter x 2 meter beserta meja dan kursi makan.

Pilihlah meja dan kursi makan yang sangat minimalis juga agar ruangan tersebut tidak terlalu sesak dan lebih nyaman bagi Anda sekeluarga.

Jangan lupa pula untuk membuat meja dapur minimalis dilengkapi dengan pengisap asap yang selalu siap membersihkan udara dalam rumah Anda.
denah desain rumah minimalis type 45

Blower WC/KM dan Ruang Dapur


Termasuk hal yang terpenting bagi ruang dapur adalah blower untuk penghisap udara maupun asap, begitupula bagi WC/KM, berikut ilustrasi gambar untuk menambah ide Anda yang ingin memasang blower tersebut.

blower desain rumah minimalis type 45

Berada diatas plafon rumah, dan ventilasi bagi ruang penghisap juga harus disediakan tepat dibelakang rumah untuk membuang udara kotor ataupun udara yang tidak baik bagi para penghuninya.

Tentunya blower tersebut akan sangat membantu Anda yang menginginkan kebersihan udara didalam rumah, adapun alat blower tersebut juga sangat bervariasi, silahkan Anda cari melalui mesin pencarian Google dan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain untuk dua ruangan tersebut, Anda juga dapat menambahkannya untuk ruangan yang lain seperti ruang tamu, ruang tidur dan lainnya.

Hal tersebut untuk antisipasi sebagai pembersih udara ruangan jika Anda seorang perokok, atau dari seorang tamu yang juga kebetulan perokok.

Dinding dan Kusen


Untuk keperluan kusen jendela maupun pintu dapat Anda gunakan dari bahan kayu maupun aluminium.

kursen desain rumah minimalis type 45

Pada bagian depan dapat kita lihat pada gambar tampak depan desain rumah minimalis 1 lantai kali ini, saya letakkan sebuah ventilasi udara dari kayu dengan ukuran yang sangat tinggi agar ruang tidur utama Anda lebih nyaman dan juga saya tambahkan hiasan full dengan batu alam agar terlihat lebih elegan dari tampak depan.

Batu alam pada saat ini sangat berkembang dan selalu tetap menjadi pilihan untuk memperindah bagian dinding maupun tiang depan rumah sama seperti yang sebelumnya sudah saya desain dan posting pada artikel Desain Rumah Minimalis Modern Terbaru yang dapat Anda terapkan pula untuk rumah Anda.

Ventilasi tersebut pada umumnya menggunakan bahan kayu kualitas A yang tahan untuk cuaca panas dan dingin, dibikin sedemikian rupa dengan gaya klasik agar kebutuhan udara dalam ruangan Anda tetap terpenuhi dengan baik.

Dan pada bagian samping atas ruang tamu juga saya letakkan ventilasi tersebut. Selain untuk memperindah, ventilasi inilah yang membantu ruangan tamu Anda menjadi lebih sejuk.

Atap


Untuk bagian atap, masih dengan konsep sederhana yaitu dengan atap miring satu sisi, yang satu kesamping dan satunya lagi kebelakang.

Hal tersebut tentunya untuk menambah ringan biaya yang akan Anda keluarkan, untuk upah biaya pengerjaan atap miring seperti pada desain kali ini tentunya lebih murah dan tidak banyak sisa bahan yang terbuang apabila kita bandingkan dengan atap model jurai yang tentunya potongan atap akan sangat banyak.

Penampung air hujan


Dan perihal tempat penampungan dari aliran air hujan dapat kita lihat pada gambar berikut ini agar Anda tidak bingung bagaimana air hujan dapat turun tanpa mengganggu bangunan tetangga sebelah rumah Anda.

atap desain rumah minimalis type 45

Dibuat sedemikian rupa dengan cor beton dan saya sarankan untuk melapisinya dengan cat anti bocor agar terhindar dari kebocoran air yang pastinya sangat mengganggu setiap bagian bangunan yang ada dibawahnya.

Cukup untuk menampung air hujan, dialirkan kebawah melalui pipa yang kemudian diteruskan ke selokan yang sudah dibikin sebelumnya dibawah tanah.

Tempat mencuci dan menjemur pakaian


Dapat kita simak lagi gambar denah diatas, bagian belakang desain rumah tersebut masih memiliki cukup ruang untuk dipakai sebagai tempat menjemur pakaian.

Dan juga masih bisa Anda letakkan sebuah mesin cuci diteras belakang yang selalu siap membersihkan semua pakaian anggota keluarga Anda.

Sampai disini dulu beberapa penjelasan singkat dari hasil desain saya kali ini yang dibangun diatas lahan 84 meter persegi, jika ada pertanyaan ataupun tambahan silahkan berikan pada kolom komentar.

Kedepannya akan saya usahakan lagi dapat mendesain dan memposting kembali rumah type 45 dengan luas lahan yang berbeda-beda pula.

Silahkan ke HALAMAN GALERI jika Anda ingin mendownload desain rumah minimalis bikinan saya yang lebih detailnya dan sekali lagi silahkan beri masukan jika ada kekurangan dalam penjelasan yang saya sampaikan.

galeri desain rumah minimalis type 45

Gratis dan silahkan dishare ke profil media social Anda, siapa tahu keluarga ataupun sahabat Anda juga sedang mencari dan membutuhkannya.. ^_^

Semoga bermanfaat dan selamat membangun rumah impian Anda.


10 Comments

  1. Terima kasih..artikel yang sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga telah berkunjung dan berkomentar.. :)

      Delete
  2. Bermanfaat
    Jazaakallohu khoeron kastiir

    ReplyDelete
  3. Terima kasih telah berbagi info dan masukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan, terima kasih juga telah berkunjung

      Delete
  4. Ukuran tiang nya gan, di publish juga
    Terimaksih

    ReplyDelete
  5. Terimakasih brother...
    Amal Jariyah
    Aamiin...

    ReplyDelete
  6. Kak ada gambar rumah ukuran 9x11 m 4 kamar tidur dan 2 teras ya Kak?

    ReplyDelete

Post a Comment

Post a Comment

Previous Post Next Post